Smart Tunnel

Bogor, GATRAnews – Apa kabar rencana pembuatan terowongan pintar Jakarta? Ternyata ada ide lain dari Profesor Hidrologi Institut Pertanian Bogor Hidayat Pawita untuk menampung limpahan air di kala banjir. Memanfaatkan ratusan tempat parkir bawah tanah.Menurut Prof Hidayat, tempat parkir  bawah tanah di pusat-pusat perbelanjaan dan kantor pemerintahan dapat dimanfaatkan sebagai retensi banjir di wilayah Jakarta seperti “smart tunnel” (terowongan pintar) yang diwacanakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. “Jakarta bisa mengadopsi penanganan banjir seperti di Jepang, areal parkiran bawah tanah,” kata Guru Besar Hidrologi Sumber Daya Air, Departemen Geofisika dan Meteorologi, FMIPA IPB, itu  kepada wartawan di Kampus IPB Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin.

Menurut Prof Hidayat, di Jakarta banyak kapasitas retensi banjir yang tidak dioptimalkan.  “Di Jakarta itu ada ratusan gedung parkir bawah tanah baik itu milik pemerintah maupun milik swasta,” katanya.  Prof Hidayat menyebutkan, pemanfaatan areal pakir bawah tanah tersebut harus dilengkapi oleh sistem peringatan dini.
“Jadi pada saat banjir datang, kendaraan yang ada di parkiran bisa keluar dari basement, dan parkiran bisa dimaafkan untuk retensi air banjir, air yang masuk nantinya dialirkan ke saluran pembuangan,” katanya.  Menurut Prof Hidayat, cara ini telah diterapkan oleh negara Jepang. Begitu juga dengan Malaysia yang mencotoh “smart tunnel”.   “Tapi kita tidak perlu ‘smart tunnel’ karena itu hanya untuk banjir kiriman. Optimalnya kita menggunakan ruang terbuka biru dan ruang terbuka hijau,” ujarnya. (Dh)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: