Hasil Semnas Limnologi 2012

Rumusan Seminar Nasional Limnologi VI 2012

  1. Indonesia memiliki sekitar 840 danau yang memiliki karakteristik dan tipe yang berbeda-beda sehingga diperlukan penanganan dan pengelolaan yang spesifik
  2. Saat ini telah muncul kesadaran akan pentingnya pelestarian sumber daya perairan danau  untuk menjaga kualitas lingkungan di antara berbagai pemangku kepentingan secara nasional. Hal ini diindikasikan dengan telah disepakatinya pengelolaan 15 danau prioritas oleh 9 kementrian (tahun 2009  di Bali, tahun 2012 di Semarang dan 2012 dibentuk Panja Danau di DPR Komisi VII).
  3. Upaya-upaya mitigasi kerusakan lingkungan telah dilakukan, terutama dibawah koordinasi KLH dengan menyusun grand desain pengelolaan 15 danau prioritas nasional sampai tahun 2025.
  4. Upaya pengelolaan ekosistem danau perlu bersinergi dengan rencana pembangunan daerah yang tertuang dalam bentuk RTRW dan RJPD.
  5. Iptek memegang peranan penting untuk menjadi acuan dalam pengambilan keputusan dalam upaya pengelolaan danau.
  6. Pengembangan Sistem Informasi Danau Indonesia (SIDI) sangat penting dalam upaya mendukung pengelolaan danau nasional.  Inisiasi pembangunan Sistem Informasi Danau Indonesia telah dilakukan di Puslit Limnologi LIPI yang dapat diakses publik melalui web http://www.limnologi.lipi.go.id/danau.
  7. Pada Seminar Nasional Limnologi VI ini juga telah dideklarasikan pembentukan organisasi profesi ‘Masyarakat Limnologi Indonesia’ (MLI) yang diharapkan dapat berkembang sebagai forum professional untuk mendukung upaya-upaya pengelolaan sumber daya perairan danau di Indonesia.

– Panitia Semnas Limnologi VI 2012 –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: