NTT Perlu 2.700 Embung

Jumat, 22 Juli 2011.Kupang (ANTARA News) – Provinsi Nusa Tenggara Timur memerlukan 2.700 embung atau kolam besar penampungan air untuk memenuhi pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat setempat, sementara yang tersedia baru 425 embung.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum NTT, Andre Koreh, di Kupang, Jumat, mengatakan, saat ini terdapat 4.679.316 jiwa sehingga membutuhkan air bersih 4,8 miliar meter kubik sebulan.  Namun, sumber air baku yang dimiliki oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan tersebut masih minim sehingga hanya bisa memasok 354 juta meter kubik setiap bulan, atau 136 meter/detik.

“Dengan demikian pemenuhan air bersih bagi masyarakat dalam setahun hanya 2,82 miliar meter kubik,” kata dia.
Koreh mengatakan, ketersediaan sarana dan prasarana sumber daya air saat ini juga belum mampu memenuhi kebutuhan sektor pertanian.  Menurut dia, areal irigasi potensial di NTT mencapai seluas 295.262 hektare, tapi yang sudah berfungsi hanya seluas 126.168 hektare, meliputi irigasi teknis seluas 28.362 hektare, irigasi sederhana seluas 97/806 hektare.

Karena itu, katanya, pemerintah daerah membangun waduk di Tilong, Kabupaten Kupang, untuk digunakan sebagai sumber air irigasi bagi lahan seluas 1.484 hektare, yang diharapkan bisa meningkatkan indeks pertanaman pada 40 kawasan daerah irigasi.  “Kami telah melakukan survei lapangan dan dari waduk itu akan lahir sedikitnya 29 calon waduk suplai irigasi,” kata Andre.

Upaya ini ditempuh pemerintah juga untuk memberikan manfaat kepada sawah tadah hujan milik petani yang luasnya mencapai 63.245 hektare, yang akan mengalami penurunan produktivitas sebagai akibat gagal panen karena kemarau panjang yang sering dialami NTT.

Langkah lain yang ditempuh pemerintah NTT, kata Koreh, adalah mengembangkan sumber air tanah yang saat ini sudah mencapai 1.289 sumur dari rencana pemerintah sebanyak 7.891 sumur.  “Dari jumlah sumber air bawah tanah tersebut diharapkan bisa mengaliri sedikitnya 12.541 hektare sawah dan memenuhi kebutuhan air bersih untuk 9.270 kepala keluarga,” kata Koreh. (ANT)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: