Penduduk Pulau Dilatih Kembangkan Terumbu Karang

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung, akan memberikan pelatihan pengembangan terumbu karang bagi penduduk Pulau Semujur, pada November 2010. “Pelatihan pengembangan terumbu karang melalui stek terumbu karang bagi penduduk Pulau Semujur dalam upaya membantu pelestarian keberadaan terumbu karang di wilayah perairan daerah itu,” ujar staf DKP Bangka Tengah Mulawarman di Koba, Rabu (20/10).

Ia mengatakan, pelatihan stek terumbu karang akan dilakukan saat digelarnya perlombaan memancing ikan laut di Pulau Semujur dalam rangka peringatan Hari Bahari Nusantara. “Pelatihan stek terumbu karang akan dilakukan pada 27 November 2010 pada rangkaian acara perlombaan memancing ikan laut,” katanya. Menurut dia, diharapkan dengan memberikan pelatihan stek terumbu karang kepada penduduk Pulau Semujur dapat membantu pemulihan terumbu karang yang rusak di perairan tersebut.

“Diharapkan penduduk Pulau Semujur yang memiliki jumlah sekitar 100 kepala keluarga dapat ikut menjaga dan memulihkan terumbu karang yang rusak akibat pemanasan global maupun aktivitas manusia,” katanya. Ia mengatakan, terumbu karang memegang peranan penting dalam menjaga kekayaan ikan laut di wilayah perairan. “Dengan sehatnya terumbu karang dapat mendongkrak populasi ikan di sekitar terumbu karang sehingga membawa berkah bagi perekonomian masyarakat pulau,” katanya.

Menurut dia, pelatihan stek terumbu karang akan dilakukan dengan material semen melalui wadah yang disiapkan DKP Bangka Tengah. “Stek terumbu karang dilakukan dengan mengambil terumbu karang yang telah mati atau rusak untuk ditanam di wadah berisi semen kemudian ditaruh di perairan,” katanya.

Ia mengatakan, selain memberikan kepelatihan stek terumbu karang bagi penduduk pulau diharapkan peserta perlombaan memancing yang melihat proses stek dapat ikut timbul kesadaran melestarikan terumbu karang. “Kami mengingikan agar pelestarian terumbu karang tidak hanya dilakukan penduduk pulau namun masyakarat luas seperti peserta perlombaan memancing yang akan ikut menyaksikan proses stek tersebut,” katanya.

Menurut dia, pada perlombaan memancing ikan selama dua hari di Pulau Semujur tersebut juga akan diisi acara penyelaman dari tim selam Jakarta. “Tim penyelam dari Jakarta kami undang untuk melihat kekayaan terumbu karang dan kekayaan ekosistem bawah laut Bangka Tengah agar dapat menjadi referensi objek wisata selam bagi penyelam lainnya,” katanya. [TMA, Ant]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: