Perlu Perencanaan Nasional tentang Air

Jakarta- Pola Perencanaan Nasional mengenai pengelolaan air wajib menjadi prioritas penduduk kota besar dunia khususnya di Asia. Perihal ini ditekankan oleh Gadis Sri Haryani, Kepala Pusat Penelitian Limnologi LIPI (P2L-LIPI) sekaligus Organizing Comittee dari SWITCH (Sustainable Water Management Improves Tomorrow Cities Health). Gadis memaparkan, ” Kebutuhan air untuk penduduk kota besar dunia, khususnya di Asia terus meningkat dalam 30-50 tahun mendatang.” Pertumbuhan penduduk yang diikuti dengan perubahan ekonomi, sosial dan budayanya tidak lepas dari pengelolaan air yang bijak.” Tingkat kepedulian ini digulirkan dalam bentuk program SWITCH yang berkedudukan di Delf, Belanda.

Program visioner ini merupakan upaya mengubah perilaku manusia pengguna air untuk peduli terhadap ketersediaan air yang berkelanjutan. SWITCH memberikan solusi berupa inovasi maupun introduksi teknologi dan pengetahuan baru dalam merencanakan, membangun sarana dan prasarana air jangka panjang serta menggali tradisi, kearifan budaya, kearifan lokal, dan membangun etika pemakai air. “Badan air seperti sungai, selokan, rawa, danau, dan situ di kota besar terus menerus dijadikan lokasi akhir pembuangan dan mengalirkan limbah yang pada akhirnya terakumulasi di laut/muara.

Sebagai tahap awal kegiatan SWITCH di Asia, Indonesia teiah memulai kegiatan yang terdiri dari tiga keiompok yaitu: action research; demonstration; dan capacity building/awareness raising. Ketiga keiompok kegiatan ini dilaksanakan oleh lembaga penelitian antara lain: APCE (Asia Pacific Center for Ecohydrology) LIPI, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat dan keiompok pemerhati lingkungan lainnya. Pertemuan partnership workshop tanggal 8-10 Desember dihadiri oleh 75 peserta dari 18 negara di Asia, dimana wakil negara akan memberikan pandangan, temuan, teknologi, dan program yang telah dimulai di negaranya yang dapat bermanfaat untuk negara lain.

Technology Indonesia, 8 Desember 2009 » Kontak : Gadis Sri Haryani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: