Belajar Bahasa Indonesia

Kejadian ini sebenarnya sudah lama, sekitar bulan Maret – April.  Saat itu saya mendapat pengalaman untuk mengajar Bahasa Indonesia untuk orang Jepang yang akan bertugas di Indonesia (tugas dari kantornya yang mempunyai cabang di Indonesia).

Meskipun hanya sebentar tetapi ada yang menarik dari pengalaman ini.  Ternyata selama ini sebagai warga Indonesia, saya tidak begitu tahu detail tentang Bahasa sendiri, yang tentunya bahasa yang baku dan benar, yang sesuai Tata Bahasa Indonesia yang Baku.  Kalau sudah begini, ingatnya pada sosok JS. Badudu.

Ya…..ternyata bagi orang Jepang yang baru belajar, dia ingin alasan-alasan kenapa ini seperti ini dan kenapa jadi begini……contoh kecilnya, kapan kita membedakan cara baca huruf “e” dalam mengucapkan “belajar” dan “bebek”  Dari pertanyaan kecil ini saja bisa buat saya sibuk sendiri cari-cari jawabannya hehehe….

Dari semuanya itu, yang bisa saya tangkap dari cara belajarnya orang Jepang, mereka sangat serius/memegang teguh aturan-aturan baku-nya. dan berusaha untuk menguasainya.  Ini bisa dilihat saat orang Jepang menggunakan bahasa asing (Inggris misalnya…), secara grammar/aturannya, tulisan mereka sangat baik/baku waluapun dalan praktek percakapan tidak terlalu lancar.

Kita sering lupakan aturan dasar/basic dan ingin cepet langsung ke point ujungnya.  Padahal dari basic itu lah merupakan kunci untuk mengembangkan dan mencapai kesuksesan yang jauh lebih tinggi.

Terakhir, jangan lupa pelajari, praktekan dan berbanggalah menggunakan bahasa Indonesia.

-LS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: